Rabu, 20 Januari 2016

Tokoh dalam Tulisan/Cerita



Tema sudah ada. Langkah berikutnya adalah menentukan unsur-unsur yang kalau dalam jurnalisme disebut 5W1H. Who, Where, When, What, Why dan How. Siapa, Apa, Di mana, Mengapa dan Bagaimana.

Who atau Siapa
Teman kita datang membawa cerita. “Kemarin gue ke Mal Gaya Baru. Banyak pencari berita gitu. Dengar-dengar, mau meliput artis.”

“Siapa artisnya?”

“Enggak tahu.”

Ih, enggak seru banget, kan. 

Sama halnya dalam berita atau cerita lisan, tokoh, baik pelaku maupun obyek penderita, juga penting dalam sebuah tulisan.

Seri Kini Aku Tahu
Pembaca sasaran seri Kini Aku Tahu adalah anak-anak dan orang tua. Supaya dekat dengan anak-anak, maka tokoh-tokoh cerita di seri ini juga anak-anak. 


Edar bulan Februari, Rp25.000/eks./Foto: Dok. Pribadi

Selain nama, tiap manusia punya identitas terkait jenis kelamin, bentuk fisik, sifat, hobi, suku bangsa, ras dan agamanya.

Tokoh Representasi Keragaman di Indonesia
Menurut saya, kita harus bersyukur dan bangga jadi bagian dari bangsa Indonesia. Bangsa yang beragam suku bangsa dan agama. Bahkan, warga negara Indonesia juga banyak yang keturunan tionghoa. Keragaman itu justru membuat Indonesia unik. 

Di sisi lain, kalau toleransi terhadap keberagaman tidak dijunjung tinggi, keberagaman Indonesia dapat memicu perpecahan. Setuju? Setujuuuu :)

Itu sebabnya, saya menciptakan 3 tokoh utama yang berbeda untuk seri Kini Aku Tahu. Tiga sekawan yang terdiri dari dua perempuan dan satu laki-laki. Mereka adalah Cika, Mei Mei dan Boas.

Cika berasal dari suku Jawa. Namanya saya ambil dari nama putri teman saya, Yol Yulianto, sang ilustrator karya saya ini.

Mei Mei  keturunan Tionghoa. Namanya saya ambil dari tokoh anak perempuan pandai  dan pemberani dalam serial Upin Ipin karena saya penggemar film itu.

Boas anak Papua. Namanya saya ambil dari nama pesepakbola yang juga asli Papua.

Cika, Mei Mei dan Boas  punya sifat, hobi dan kebiasaan sendiri-sendiri.

So, setelah menentukan tema, kita harus menyiapkan tokoh.

Setting/Latar dalam Cerita
Mana yang lebih menarik, gambar sebuah balon terbang atau sebuah balon terbang yang sedang membumbung tinggi di hari yang cerah ketika langit tampak begitu biru?

Ya, seperti ilustrasi di atas, cerita atau tulisan akan lebih menarik jika memiliki setting atau latar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar