Jumat, 30 Mei 2014

Ke Inggris Lewat Menulis



Belajar dan membuka wawasan bisa melalui banyak cara. Bisa lewat buku, film, internet, dan bahkan lewat pengalaman. Tapi, yang terakhir ini paling berpengaruh terhadap hidup seseorang. Makanya, ada pepatah “Pengalaman adalah guru terbaik”.
Bepergian ke luar negeri bisa membuka wawasan kita mengenai berbagai hal tentang kehidupan bangsa lain, mulai dari makanan, gaya hidup, teknologi, kebudayaan, sampai sistem pendidikannya.

Warisan Teladan
Sebagian orang punya dana yang cukup sehingga dapat membiayai sendiri perjalanan ke luar negeri. Sebagian lain tidak demikian. Apakah akhirnya pergi ke luar negeri hanya tinggal mimpi? Tentu tidak. Masih ada jalan lain, kok. Caranya, cari sponsor atau beasiswa. Almarhum ayah saya sudah membuktikannya. Ia bisa pergi ke Jerman dan kuliah di sana berkat beasiswa. Begitu pula saat ia pergi ke Singapura dan melanjutkan studinya di sana. Terus, bagaimana agar bisa mendapatkan sponsor atau beasiswa? Dengan berprestasi.
Teladan yang diwariskan ayah saya itulah yang membuat saya mengikuti lomba-lomba penulisan yang berhadiah perjalanan gratis ke luar negeri—lomba berhadiah kayak gini, enggak banyak jumlahnya. Pasti karena besar biayanyalah, yaaa.
Trust me, saya dan putri saya sudah buat paspor dari tahun 2010. Waktu itu, saya buat saja, meskipun saya tidak tahu kapan kami bisa ke luar negeri. Skenarionya, nih, kalau sewaktu-waktu mau pergi, paspor sudah siap ... hahahaha. 
Lomba penulisan berhadiah jalan-jalan ke luar negeri pertama yang saya ikuti berhadiah wisata sekeluarga ke Disneyland Hongkong. Namun, usaha saya itu belum membuahkan hasil yang saya inginkan. Menyerah? Enggaklah. Coba lagi di kesempatan lain.
Blog Competition Ngemil Eksis Pergi ke Inggris yang diadakan Mister Potato, jadi kesempatan kedua saya. Soalnya, lomba ini berhadiah jalan-jalan gratis ke Inggris. Kalau Tuhan berkenan, impian saya mengisi paspor dengan stempel visa kedutaan asing bisa saja terwujud kali ini. Amin.
 Selain itu, kalau saya bisa ke Inggris gratis lewat lomba ini, saya dapat meneruskan teladan yang pernah saya dapat dari ayah saya kepada putri saya. Talenta atau bakat, entah di bidang seni suara, seni tari, akademis, atau bidang lainnya, bisa ia jadikan sarana untuk mendapatkan sponsorship atau scholarship ke luar negeri. 

Inggris, Kerajaan Sejuta Pesona
Kalau saya ditanya, “Apa saja yang kamu tahu tentang Inggris?”, maka saya akan memberikan jawaban sebagai berikut:
Inggris di Mata Saya / Gambar: Dokumen Pribadi

Pemenang lomba akan diajak Mister Potato mengunjungi 7 ikon Inggris, yaitu Buckingham Palace, Westminters Abbey, Trafalgar Square, London Eye, Beatles Museum, Museum Sherlock Holmes, dan King’s Cross Station.  Beberapa item dari mind map buatan saya di atas, masuk dalam daftar itu, lho.
Big Ben. Menara jam itu punya lonceng seberat 13 ton! Wow! Penasaran banget jadinya. Sekeras apa, ya, bunyinya kalau Big Ben berdentang?
Buckingham Palace. Dengar-dengar, para penjaga istana sangat disiplin saat bertugas. Meskipun digodain, diisengin atau diajak foto, mereka tetap menatap lurus ke depan. Jadi pengen membuktikan kebenarannya .... Kekekeke. Siapa tahu juga, pas saya berdiri di pintu gerbang, anggota kerajaan ada yang lewat dan dadah-dadah. Apalagi kalau anggota kerajaan itu Kate Middleton! Hihihi, ngarepdotcom.
Westminters Abbey. Gereja ini jadi saksi bisu pernikahan kerajaan antara Pangeran William dan pasangannya, Kate Middleton tanggal 29 April 2011. Berada di dalamnya sambil membayangkan peristiwa yang disaksikan hampir semua penduduk dunia tersebut ... hmmm, speechless, deh.
Selain 7 ikon Inggris tersebut, ada juga kunjungan ke tujuh stadion bola yang legendaris di sana, yaitu Standford Bridge Chelsea, Emirates Stadium Arsenal, White Hart Lane Tottenham Hotspur, Old Trafford Manchester United, Etihad Stadium Manchester City, Anfield Liverpool, dan Goodison Park Everton. Saya, sih, hanya suka nonton bola kalau Piala Dunia karena bukan penggila bola. Tapi, berkunjung ke sana untuk nambah wawasan, ya mau saja. Apalagi saya bisa bikin suami saya yang penggemar berat Liverpool, sirik. Eaaa.
 
Hadiah Lomba yang Bikin Ngiler / Foto: Dokumen Mister Potato

Gitu deh. Semoga impian saya terwujud. Putri saya bahkan mendukung saya untuk ikutan lomba ini. Dia bilang, “Aku bangga sama Mami. Aku ikut, ya, ke Inggris.” Amin. Let’s pray for it together, Dear.
 
 Bersama Mister Potato / Foto: Dokumentasi Pribadi

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition Ngemil Eksis Pergi ke Inggris. Like fanfage Mister Potato Indonesia dan follow @MisterPotato_ID. Cara berpartisipasinya ada di sini.
 
Foto: Dokumentasi Mister Potato
Sumber:
http://misterpotato.co.id
http://www.visitlondon.com

2 komentar: