Senin, 10 Juli 2017

Pesta Ulang Tahun Ramah Anak

Oangtua masa kini -biasanya yang tinggal di kota besar- lazim mengadakan pesta ulang tahun anak mereka di restoran (cepat saji).

Faktor efisiensi waktu dan tenaga biasanya jadi alasan utama. Kalau acara diadakan di rumah, harus ada waktu dan tenaga khusus untuk membereskan rumah sebelum dan sesudah pesta. Belum lagi untuk menyiapkan hidangan.

Tak heran, banyak orangtua memilih merayakan di luar rumah. Umumnya, di restoran-restoran cepat saji yang makanannya memang sudah akrab di lidah anak-anak. Gak beda jauhlah dari si kembar gundul yang lucu dari negeri jiran.

Pesta Ulang Tahun Ramah Anak
Ilustrasi: tesdotcom

Satu atau dua bulan lalu saya menghadiri sebuah pesta ulang tahun. Yang berulang tahun anak-anak. Para tamunya juga anak-anak. Tapi, sayang ada hal-hal yang membuat saya berpendapat, pestanya tidak ramah anak.

1. Musik
Saat acara bebas, pihak restoran memutar lagu Shape of You. Lagu yang liriknya jelas bukan untuk anak. Bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Sebab, pesan lagu itu mengajarkan hubungan berbasis fisik alias seks. Bertemu dengan lawan jenis di bar, dansa lalu berlanjut ke tempat tidur.

Sudah seharusnya EO (pihak restoran) menyediakan musik/lagu-lagu anak. Memang sih kita kekurangan lagu anak-anak yang up-to-date. Tapi, kita punya lagu anak-anak klasik (tempo dulu), yang liriknya membawa pesan-pesan positif. Lagu-lagu karangan Pak A.T. Mahmud, misalnya, sudah pernah diaransemen ulang dan dijadikan album oleh penyanyi cilik yang kini telah dewasa, Tasya. Jika EO tidak punya, bawa saja dari rumah.

2. Materi Ice Breaking
"Adik-adik, coba tunjuk papa X. Itu lho yang kayak Raul Lemos. Mana mama x yang kayak Krisdayanti? Ayo, tunjuk," seloroh si pemandu acara yang juga karyawan restoran tersebut.

Astaga, ini pesta ulang tahun atau siaran berita seleb?

3. Acara
Pemandu acara hanya sibuk dengan segelintir kecil para undangan cilik. Ada lomba menari bersama para mama. Tetapi yang itu-itu saja. Anak-anak yang tidak ikutan (termasuk yang ulang tahun!) hanya jadi penonton. Gerak tarian yang dicontohkan pun seperti tarian dangdut, yang kita tahu, sering kali erotis.

Jadi, kalau Bunda dan Ayah mau rayakan ulang tahun serupa, jangan sungkan untuk intervensi (tukar pikiran) saat reservasi. Sebagai si empunya hajatan, Anda punya hak dan kewajiban memastikan pesta ulang tahun anak Anda ramah anak.
Jadikan pesta ulang tahun anak Anda berkesan. Baginya dan teman-teman yang ia undang.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar