Kamis, 28 April 2016

Nonton Konser Musik, Kegiatan Alternatif Akhir Pekan


Akhir pekan, pengen jalan-jalan, tapi belum gajian? Mati gaya, kan. *Saya banget itu :D Makanya, senang banget waktu 2 minggu lalu, baca virtual newsletter Erasmus Huis. Diinfokan, tanggal 24 April, akan digelar konser musik Amatis Trio di Pusat Kebudayaan Belanda itu. Gratis! Saya memutuskan untuk pergi bersama keluarga ke sana.


Sarana Belajar Anak yang Menyenangkan
Nonton konser musik bisa jadi kegiatan alternatif akhir pekan. Menurut saya, bisa juga jadi sarana belajar anak yang menyenangkan.

 

Pssst, hp sebetulnya harus mati.  Curi-curi kesempatan deh

moto tanpa blitz. /Foto: Marsaulina N.

1.    Mengenal ragam alat musik
Dengan melihat langsung, anak bisa tahu, o, ini yang namanya biola. O, ini yang namanya cello. 

2.    Mengenal profesi
Pemusik adalah salah satu profesi. Kalau selama ini melihat pemain musik hanya di televisi, bisa lihat langsung di depan mata. Jadi tahu, salah satu kerjanya pemusik itu bermain musik. Manggung di depan orang banyak.

3.    Memacu semangat bermusik
Dengan melihat kemahiran pemusik memainkan alat musik, moga-moga anak yang sedang mengikuti kursus musik, bisa tergugah untuk lebih rajin latihan. Timbul tekad dan keyakinan, saya juga bisa memainkan musik seindah pemusik itu.

4.    Mengenal kegiatan alternatif
Anak belajar untuk tidak sekadar pergi ke mal di akhir pekan. Menghadiri pertunjukan seni juga oke untuk dilakoni.


Erasmus Huis
Erasmus Huis (EH) berlokasi di Jl. H. R. Rasuna Said Blok C No.3, di sebelah kedutaan Belanda. 

Dibandingkan Goethe Institut, EH-lah yang paling sering saya sambangi. Berdasarkan pengalaman saya, konser musik paling sering diadakan di sini. EH memang berkomitmen untuk mengundang orang-orang muda bertalenta untuk mengadakan pertunjukan di situ.

Pertunjukan biasanya diadakan di auditorium di lantai 2. Bangku-bangku di dalam ruangan pertunjukan  tegak lurus, tidak seperti bangku bioskop.

Amatis Trio
Amatis trio adalah grup musik yang terdiri dari 3 pemusik, yaitu pianis Belanda Mengjie Han, pebiola Jerman Lea Hausmann dan pemain cello asal Inggris Samuel Shepherd. 
 

Mr. Han, Ms. Hausmann, Mr. Shepherd / Sumber: www.amatistrio.com



Ketiga pemusik itu bertemu di jalanan di Amsterdam dan memutuskan membentuk grup Amatis Trio pada tahun 2013. Prestasi grup ini tidak perlu dipertanyakan. Ingin tahu lebih detail tentang Amatis Trio, klik di sini.Atau, bisa kunjungi situs resminya.



Permainan musik klasik Amatis Trio sudah dipastikan asyik dan mengagumkan. Para pemainnya sangat penuh penghayatan.*Sampai kepala, rambut, pipi pemain cello-nya pun ikut bergoyang saking semangat. :D

Anak saya pun menikmatinya. Tetapi, karena durasi permainan tiap karya 6-8 menit-an, alhasil, pada sesi kedua setelah rehat selama 15 menit, anak saya mulai mengantuk. Walau akhirnya kantuk bisa dilawan, rasa bosan masih menggantung. 

Semoga, lain kali ada kesempatan lagi nonton konser musik dengan anak. Maunya sih  yang dimainkan oleh pemusik-pemusik cilik dan lagu-lagunya lebih “membumi”.[Nancy]








6 komentar:

  1. aku belu pernah nonton konser musik mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, nonton. Langganan aja newsletter pusat kebudayaan, Mbak. Jadi dapat pemberitauan.

      Hapus
  2. Hmm seru sekali ya kegiatannya mingguannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beruntung bgt bs nonton. Gratis pula. Dan bs fotoan bareng :D

      Hapus
  3. Serunya bisa nonton konser, haratis pulak. :D Shafiyya pengin nonton konser Naura anaknya Nola AB Three, Nancy. Mudah-mudahan kesampaian. Baca postingan ini aku jadi inget lagi sama rikues Shafiyya beberapa waktu lalu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton konser memang bisa jadi kegiatan alternatif yang oke, Haya. Wah, boleh juga tuh. Cari infonya, ah. Mudah-mudahan belum lewat.

      Hapus